Ciri-Ciri Semen Instan Berkualitas Baik

Meskipun semen instan terbukti memiliki kegunaan yang sangat berkualitas dan bahkan lebih baik daripada semen konvensional, namun Anda perlu tahu juga bahwa semen yang baik memiliki ciri-ciri tertentu. Saat ini banyak sekali semen siap-saji yang diperjualbelikan dimana mana lewat toko maupun online. Jadi, untuk memastikan Anda mendapat semen dengan kualitas terbaik, ikutilah petunjuk ciri-ciri semen siap saji yang berkualitas.

Ciri-Ciri Semen Instan dengan Kualitas yang Baik dan Tahan Lama

Setidaknya, ada 6 ciri-ciri khusus bagi semen untuk terbukti berkualitas bagi dan akan awet dipakai. Ciri-ciri tersebut, adalah

  1. Teksturnya bagus dan khas

Ciri-ciri pertama dari semen instan yang memiliki kualitas bagus berwarna abu-abu muda hingga abu-abu tua. Jangan terlalu senang bila Anda mendapat semen dengan warna terlalu gelap dengan menyangka kerekatannya sangat baik. Nyatanya, semen seperti itu berisi aditif yang terlalu banyak, bahkan berpotensi mengurangi kualitas dan kekuatan dari semen.

  1. Cepat Keras dan Kuat
Kabar Lain  Jenis-jenis kayu untuk konstruksi Bangunan

Ciri-ciri berikutnya dari semen dengan kualitas yang baik dan bisa diandalkan adalah cepat keras saat diaplikasikan. Semen dengan kualitas yang baik, maka adukan pastanya bisa mengeras setelah diaplikasikan kurang dari 7 jam. Semen yang membutuhkan waktu lebih dari itu, kualitas rekatannya kurang atau mungkin Anda tidak mencampur semen dan air dengan perbandingan yang cukup.

  1. Adukan seperti pasta

Ciri-ciri ketiga dari semen yang memiliki kualitas baik dan akan tahan lama haruslah memiliki adukan yang lebih rekat dan rapat layaknya lem. Hal ini dikarenakan bahan-bahan semen yang padat, akan bercampur pasir dan kapur, sehingga membuat pasta semen menjadi lengket, padat, dan juga kental.

  1. Kemasan semen rapi

Semen yang baik juga harus tertutup sempurna kemasannya. Jangan Anda mau membeli semen yang bungkusnya sudah tidak tersegel rapat, terlihat sudah terkena air, atau bahkan ada bekas tambalan. Kualitas semen di dalam bungkus yang sudah rusak pasti menurun, dan Anda akan rugi bila membelinya.

  1. Berlogo Standar Nasional Indonesia
Kabar Lain  Pengertian pondasi Raft

Ciri-ciri semen terakhir namun paling mudah diperhatikan adalah memiliki logo SNI pada karung bungkusnya. Anda juga perlu memastikan deretan sertifikat yang sudah diraih oleh perusahaan semen tersebut yang sudah terpampang di karung bungkusnya. Jangan pilih semen dengan harga murah namun kualitasnya tidak jelas, tidak memenuhi standar SNI, sehingga bisa saja berbahaya bagi keselamatan para penghuni rumah Anda.

Nah, itu dia ciri-ciri semen siap saji dengan kualitas yang baik. Namun, tidak hanya itu. Anda harus tahu cara menyimpan semen siap saji agar awet dan bisa dipakai selalu dan tidak boros.

Cara Menyimpan Semen Siap-Saji

Dalam menyimpan semen siap-saji atau instan, tidak bisa seenaknya. Semen yang disimpan seenaknya akan cepat rusak, mengeras bahkan sebelum dipakai. Hal ini bisa menyebabkan Anda boros.

Kabar Lain  Model Pintu Geser Terbaru Untuk Rumah Minimalis

Untuk menyimpan semen, pastikan semen tidak langsung diletakkan di atas ubin atau lantai tanpa alas karena akan membuatnya cepat mengeras dan rusak. Selalu  beri alas di permukaan semen, seperti batu bata, kayu, hingga plastik. Semen juga harus dijauhkan dari udara yang lembab karena akan mempengaruhi kondisi semen. Selain itu, semen yang sudah berusia terlalu lama, yakni lebih dari tiga bulan, pasti memiliki kualitas yang menurun karena sudah tua.

Nah itu dia ciri-ciri semen instan dengan kualitas baik dan cara menyimpan semen agar Anda bisa menggunakannya selama pembangunan setidaknya untuk 3 bulan.